Ingin menjadikan blog ini sebagai gudang informasi tetang penyakit secara detail. http://detailpenyakit.blogspot.com/

Gejala Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Obesitas

Gejala Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Obesitas

Gejala Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Obesitas| Sudah bukan sesuatu yang bisa disembunyikan jika penyakit obesitas meruapakan penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia sekalipun. Bagi sebagian orang penyakit obesitas merupakan masalh tersendiri yang bahkan mereka yang menderita penyakit ini rela mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah untuk sembuh dari penyakit obesitas, apa sebenarnya penyakit obesitas itu maka berikut ini detail penyakit obesitas.

Pengertian Penyakit Obesitas

Menurut Wikepdia yang dimaksud dengan penyakit obesitas adalah suatu kondisi medis dimana terjadi kelebihan lemak tubuh yang terakumulasi sedemikian rupa sehingga menimbulkan dampak yang merugikan bagi kesehatan. Dalam beberapa tahun terakhir ini, obesitas menjadi masalh tersendiri terbukti bahwa pada tahun 2005 WHO mencatat bahwa sekitar 400 juta orang dewasa menderita penyakit obesitas.



Gejala Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Obesitas


Penyebab Penyakit Obesitas
Sebenarnya kasus penyakit obesitas sendiri terjadi karena kalori yang masuk tidak seimbang dengan kalori yang keluar atau kurang aktivitas fisik. Menurut penenlitian menyebutkan bahwa banyak sekali faktor pencetus dari penyakit obesitas ini antara lain mengkonsumsi makanan yang berlebihan, kurangnya olahraga, konsumsi alkohol, banyaknya makanan yang tidak sehat, hipotyroid, penggunaan obat-obatan yang dapat meningkatkan nafsu makan, naiknya berat badan yang berlebihan selama proses kehamilan, genetika dan yang terakhir adalah stress.

Tanda dan gejala Penyakit Obesitas

Penyakit obesitas ini sendiri dapat anda ketahui yakni dengan menggunakan Indeks Masa Tubuh (IMT) yang dilakukan dengan cara membagi Berat badan anda dalam satuan Kg dengan Tinggi badan kuadrat dalam satuan meter. Contoh jika berat badan anda 50 Kg dan tinggi badan anda 1.6 maka IMT= 50/1,6 x 1,6 = 19,53 kemudian hasil ini anda cocokan dengan tabel IMT dibawah ini,  jadi anda masih dalam batas normal.

•    IMT ≥ 35 atau 40 disebut kegemukan berat
•    IMT ≥ 35 atau 40–44.9 atau 49.9 disebut kegemukan morbid
•    IMT ≥ 45 atau 50 disebut kegemukan super/super obese

Pencegahan Penyakit Obesitas
Salah satu pencegahan yang bisa anda lakukan adalah dengan mengatur bagaimana caranya agar jumlah kalori yang masuk minimal bisa seimbang dengan kalori yang dibakar oleh tubuh saat anda melakukan aktifitas. Caranya yakni dengan olahraga yang teratur, hindari mengkonsumsi cemilan, hilangkan stress, dan makan makanan yang sehat seperti sayur dan buah

Pengobatan Penyakit Obesitas
Penyakit obesitas sendiri sebenarnya tidak memerlukan pengobatan, hanya saja bagaimana anda bisa mengatur pola hidup anda. Di pasaran sudah banyak sekali beredar produk pelangsing yang justruk berimbas pada kerusakan organ tubuh anda. Cara yang paling ampuh untuk pengobatan penyakit obesitas adalah dengan melakukan Diet namun bukan diet yang ekstrim tetapi diet yang sesui dengan standart yang telah ditetapkan. Anda dapat juga berkonsultasi dengan dokter atau ahli nutrisi untuk dapat mengetehui diet apa yang bisa anda terapkan yang sesuai dengan kondisi tubuh anda.




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 7:40 PM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment