Ingin menjadikan blog ini sebagai gudang informasi tetang penyakit secara detail. http://detailpenyakit.blogspot.com/

Gejala Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Menular Seksual

Gejala Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Menular Seksual

Gejala Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Menular Seksual| Penyakit menular seksual (PMS) sudah sejak lama terkenal dan ada sebagian diantaranya yang sangat populer di Indonesia yaitu Sifilis dan Gonorhe. Penyakit ini adalah penyakit yang paling ditakuti oleh masyarakat karena ada beberapa diantaranya yang belum ada pengobatannya. Berikut ini adalah penjelasan penyakit menular seksual (PMS).

Pengertian Penyakit Menular Seksual
Penyakit menular seksual (PMS) adalah sekelompok infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual melalui penus, vagina maupun oral. Penularannya terjadi karena seringnya seseorang melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan atau dapat juga terjadi jika melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang sebelum telah menderita PMS.


Gejala Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Menular Seksual

Penyebab Penyakit Menular Seksual

Penyebab PMS ditimbulkan oleh aktivitas seks yang kurang sehat, selain itu penyakit ini bisa terjadi atau ditularkan melalui ciuman, hubungan melalui anus, kunilingus, anilingus, felasio, dan kontak mulut atau genital dengan payudara. Selain itu telah dikatakan didalam buku karangan Somelus tahun 2008 bahwa PMS dapat ditularkan melakukan hubungan seksual, ibu hamil kapada bayinya, melalui darah dan pembuatan tato. Penyebab menular seksual juga disebabkan oleh organisme atau bakteri seperti HIV, sifilis, Gonore, vaginitis, klamidia dan candidiasis. Sedangkan yang disebabkan oleh virus adalah herpes dan viral hepatitis.

Tanda dan gejala Penyakit Menular Seksual
Penyakit menular seksual ini sangatlah kompleks, jadi gejala yang timbul juga tergantung dari penyakit menular seksual apa yang diderita. Misala saja untuk penyakit Gonorhe adalah penderita akan mengalami kencing nanah dan gatal pada daerah kemaluan, untuk penyakit sifilis atau yang biasa disebut dengan raja singa adalah adanya luka atau koreng pada daerah kemaluan, dan yang paling banyak ditakuti adalah penyakit menular seksual yaitu HIV yang disebabkan oleh bakteri Human Papilloma Virus. Gejala yang ditimbulkan pada penderita HIV adalah demam, nyeri kepala, kelelahn, sakit tenggorokan, menurunnya nafsu makan, nyeri pada otot dan tidak jarang akan berakhir pada kematian.

Pencegahan Penyakit Menular Seksual

Pencegahan yang paling utama adalah tentunya hindari melakukan hubungan seksua dengan berganti-ganti pasangan atau dilakukan secara bebas, lakukan aktivitas yang positif, makan makanan yang bergizi dan olahraga secara teratur.

Pengobatan Penyakit Menular Seksual
Sama halnya seperti pada pencegahan, pengobatan dari penyakit menular seksual ini haruslah terlebih dahulu mengetahui jenis penyakit menular seksual apa yang diderita. Agar lebih mudahnya anda dapat berkonsultasi dengan dokter keluarga anda.




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 8:08 PM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment