Ingin menjadikan blog ini sebagai gudang informasi tetang penyakit secara detail. http://detailpenyakit.blogspot.com/

Gejala Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Cacar Air

Gejala Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Cacar Air

Gejala Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Cacar Air| Bagi masyarakat di  Indonesia tentunya penyakit cacar air ini sudah tidak asing lagi, atau bahkan mungkin sebagian dari anda dan anggota anda yang lainnya sudah pernah terkena atau menderita penyakit cacar air ini. Penyakit ini terjadi oleh karena adanya virus sehingga menyebabkan terjadinya bentolan yang berisi air yang akan tersebar pada seluruh permukaan kulit anda mulai dari muka hingga kaki anda. Berikut ini akan kami jelaskan secara detail penyakit cacar air.

Pengertian Penyakit Cacar Air
Penyakit cacar air (Varicella Simplex) adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh virus varicella zoster yang akan menyerang sitem imun anda. Penyakit ini akan menyerang seluruh permukaan kulit anda dan akan menyebar pada orang yang lainnnya dengan cepat. Masa inkubasi dari penyakit ini adalah 2-3 pekan dan biasanya suhu tubuh si penderita akan meningkat.

Penyebab Penyakit Cacar Air
Seperti yang sudah dikatakn diatas bahwa penyakit cacar air ini disebabkan oleh terpaparnya tubuh oleh virus yang bernama Varicella Zoster yang menyerang sitem kekebalan tubuh.

Tanda dan gejala Penyakit Cacar Air


Gejala awal yang biasanya ditunjukan oleh penderita adalah sama hal jika seseorang terinfeksi oleh virus seperti lesu, lemah, flu dan demam. Selain itu pada tahapan yang lebih berat maka penderita akan merasakan nyeri pada sendi dan nyeri pada kepala. Beberapa hari setelah itu maka akan timbul benjolan merah yang biasnay pertama kali akan timbul pada daerah dada, perut dan punggung yang kemudian akan diikuti oleh bentolan pada daerah anggota gerak. Jika sudah melewati masa inkubasi maka bentolan berisi cairan ini nantinya akan terkelupas dan akan menghilang dengan sendirinya.

Pencegahan Penyakit Cacar Air
Salah satu pencegahan dari penykit cacar air adalah dengan memberikan imunisasi pada anak berusia 12 tahun yang kekebalan tubuhnya kurang serta menjaga kebersihan tubuh.

Pengobatan Penyakit Cacar Air
Pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit cacar air ini adalah dengan memberi penderita tablet obat Acyclovir 800 Mg perhari setiap 4 jam (untuk anak diatas usia 12 tahun) selam 7-10 hari dan mngoleskan salep Acyclovir 5% pada bentolan yang timbul pada kulit sebanyak 6 kali sehari selama 6 hari. Larutan PK yang dilarutkan kedalam air dapat digunakan untuk mandi jika penderita cacar air sudah selesai masa penyembuhan. Pada tahap pemulihan sebaiknya pasien dianjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi air mineral agar beban ginjal anda tidak terlalu berat setelah mengkonsumsi obat selama masa penyembuhan berlangsung, untuk meningkatkan kekebalan tubuh maka konsumsi Vit C sangat diajurkan untuk meningkatkan sistem imun dan Vit E untuk mengembalikan kondisi kulit anda seperti semula dan lebih cepat menghilangkan bekas dari penyakit cacar air tersebut.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 12:20 AM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment