Ingin menjadikan blog ini sebagai gudang informasi tetang penyakit secara detail. http://detailpenyakit.blogspot.com/

Gejala Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Campak

Gejala Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Campak

Gejala Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Campak| Siapa yang tidak kenal dengan penyakit campak atau orang awam biasa menyebutnya dengan Tampek. Penyakit ini akan menyerang siapa saja namun lebih sering terjadi pada anak kecil. Biasanya jika anak terkena penyakit ini, maka para orang-orang awam akan memberikan minum air kelapa muda untuk lebih mempercepat proses penyembuhannya, apakah hal ini benar jika dilakukan atau hanya mitos saja.....untuk lebih jelasnya maka berikut ini detail penyakit campak.

Pengertian Penyakit Campak
Penyakit campak (Measles) adalah suatu infeksi virus campak golongan Paramixovirus, penyakit ini sangat menular yang dapat melalui percikan ludah penderita campak. Penyakit campak paling sering terjadi pada anak kecil.
 
Gejala Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Campak

 
Penyebab Penyakit Campak
Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa penyakit campak oleh karena terpaparnya tumbuh oleh virus campak golongan Paramixovirus yang menyebabkan terjadinya penurunan kekebalan tubuh sehingga terbentu ruam berah pada daerah permukan kulit tubuh. Penularan campak terjadi 2-4 hari sebelum ruam pada kulit terjadi dan juga 4 hari setelah ruam kulit timbul.  Jika penyakit campak di biarkan tanpa mendapatkan penanganan yang tepat maka akan menimbulkan komplikasi. Wabah campak sendiri biasanya terjadi setiap 2-3 tahun sekali. Masa inkubasi dari penyakit campak adalh 10-14 hari sebelum gejala muncul.
 
Tanda dan gejala Penyakit Campak
Biasnya tanda dan gejala campak mulai timbul pada hari ke 7-14 setelah orang tersebut telah terinfeksi seperti panas, hidung meler, nyeri pada tenggorokan, nyeri otot dan mata merah.  Kemudian pada hari ke 2-4 akan muncul bintik putih pada mulut bagian dalam, kemudian pada hari ke 3-5 setelah muncul gejala diatas maka ruam merah berbentuk mokula  dan gatal akan timbul pada permukaan kulit. Pada puncak penyakit, penderita campak akan mengalami kenaikan suhu mencapai 40®c dan mersakan sakit pada seluruh tubuhnya,  namun 3-5 hari berikutnya suhu tubuh akan menurun dan ruam tubuh juga menghilang dengan sendirinya.

Pencegahan Penyakit Campak
Salah satu upaya untuk mencegah terjadinya penyakit campak adalah dengan melakukan vaksinansi yang diberikan pada usia 9 bulan berupa vaksin tunggal, sedangkan pada usia 12-15 tahun akan diberikan dosis MMR pertama kali, kemudian dosis kedua pada usia 4-6 tahun. Selain itu cukup istirahat dan juga makana makanan yang bergizi juga dapat mencegah terjadinya penyakit campak.

Pengobatan Penyakit Campak

Pengobatan yang biasanya dilakukan oleh dokter justru bukan mengobati penyakit campak itu sendiri namun lebih pada bagaimana mengobati gejala yang timbul seperti dengan pemberian parasetamol untuk megatasi anak agar suhu tubuh tidak berlebihan yang justru dapat memicu terjadinya kejang demam. Pemberian vitamin A sangat dianjurkan untuk melindungi mata. Cara alami yang biasanya dilakukan oleh masyarakat indonesia untuk mengatasi penyakit campak adalah dengan cara memarut dan memeras jagung muda kemudian airnya bisa digunakan pada permukaan kulit yang ruam.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 12:30 AM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment