Ingin menjadikan blog ini sebagai gudang informasi tetang penyakit secara detail. http://detailpenyakit.blogspot.com/

Gejala Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Gejala Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Gejala Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Infeksi Saluran Kemih| Penyakit Infeksi saluran Kemih atau yang biasa disebut dengan ISK ini lebih banyak menyerang perempuan dibandingkan dengan laki-laki, hal ini terjai oleh karen perbedaan struktur anatomi perempuan dibandingkan dengan laki-laki. Agar anda dapat lebih paham dengan penyakit Infeksi Saluran kemih ini maka disini kami akan mengulas secara lengkap tentang penyakit ini.

Pengertian Penyakit Infeksi Saluran Kemih
Penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyerang bagian saluran kemih . jika bakteri ini neyrang saluran kemih bagian bawah maka bisa dikatakan bahwa anda menderita penyakit infeksi saluran kemih sederhana atau Sistitis, namun jika bakteri ini sudah menyerang saluran kemih bagian atas sampai pada ginjala maka disebut dengan Pielonefritis. Ynag perlu anda ketahui bahwa saluran kemih sendiri berfungsi untuk membuang limbah cair dan menjaga keseimbangan zat-zat dan garam didalam tubuh.

Gejala Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Infeksi Saluran KemihPenyebab Penyakit Infeksi Saluran Kemih
Sebuah literatur menyebutkan bahwa 85% dari penyakit infeksi saluran kemih disebabka oleh adanya bekteri E.Coli , sedangkan 15% penyebab yang lainnya terjadi oleh adanya infeksi dari bakteri Staphylococcus saprophyticus.kedua bakteri ini masuk kedalam tubuh tidak serta merta namun melalui media misalnya saja seringanya anda menggunakan kateter dan kurangnya menjaga kebersihan.

Tanda dan gejala Penyakit Infeksi Saluran Kemih
Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa saluran kemih adalah salah satu organ yang berguna untuk membuang sisa-sisa metabolisme cair didalam tubuh, penderita yang mengalami infeksi saluran kemih biasanya akan merasakan panas atau perasaan terbakar ketika Buang air kecil (BAK), dan tidak mampu menahan perasaan ingin buang air kecil. Untuk penyakit Infeksi saluran kemih yang lebih berat maka penderitanya akan mengalami nyeri pinggang yang hebat, mual dan muntah dan yang palin klimaks adalah saat buang air kecil akan terdapat darah atau nanah pada urin.

Pencegahan Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Penyakit Infeksi saluran kemih ini dapat dicegah dengan cara menjaga kebersihan daerah sekitar genetalia, jangan terlalu sering menahan untuk BAK, dan usahakan untuk lebih banyak minum air putih yakni minimal 8 gelas perhari. Hal-hal tersebut tentunya mudah untuk kita terapkan sehari-hari sebelum penyakit infeksi saluran kemih ini menyerang kita.

Pengobatan Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Penyakit Infeksi saluran kemih yang belum parah dapat diobati atau diatasi dengan pemberian antibiotik biasa, namun jika infeksi sudah terlanjur parah yakni jika penderitanya menunjukan gejala kenaaikan suhu yang cukup drastis maka infeksi ini sudah menjalar pada ginjal dan penyakit ini dapat diobati dengan pemberian antibiotik yang lebih kompleks lagi jenisnya. Selain itu penyakit infeksi saluran kemih juga bisa disebabkan oleh adanya perubahan bakteri pada daerah vagina, maka pemberian antibacterial local dapat dilakukan sebagai terapi untuk mengobati infeksi saluran kemih.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 3:06 AM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment